Liability Insurance adalah sebuah jenis pertanggungan atau perlindungan atas Tanggung Gugat akibat kelalaian dan atau kesalahan Tertanggung secara hukum (legal). Tanggung gugat dari masyarakat atas barang dan jasa (product), atau atas kepemilikan gedung/area (public liability).

Terdapat produk asuransi liability yang menggabungkan Public & Product Liability yaitu Comprehensive General Liability (CGL)

Apa itu CGL?

CGL menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dalam hal terjadi Personal Injury (luka badaniah) dan atau Property Damage (kerusakan harga benda) yang terjadi selama periode polis yang disebabkan oleh suatu peristiwa atau kejadian yang terkait dengan bisnis atau aktifitas Tertanggung termasuk juga biaya-biaya hukum sehubungan dengan hal tersebut.

Jaminan CGL tidak terbatas pada kegiatan perusahan atau industri didalam lingkungan/area tempat aktifitas (Public Liability) tetapi dapat diperluas terhadap produk-produk yang dihasilkan/diproduksi dan atau dipasarkan kepada konsumen (Products Liability)

Klaim

Seiring dengan meningkatnya kesadaran pribadi dan pemahaman masyarakat tentang hak-hak mereka berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku (legal), maka bilamana terjadi gangguan dan atau kerugian yang ditimbukan oleh suatu kegiatan perusahaan maupun industri, maka masyarakat dapat dan cenderung menggunakan hak-hak mereka untuk menuntut secara hukum (legal).

Undang-Undang Perlindungan Konsumen (Undang-Undang No.8 Tahun 1999) dan berbagai peraturan perundang-undangan lainnya memberikan penghargaan tinggi terhadap hak-hak konsumen, sehingga kesadaran konsumen akan hak-hak untuk mendapatkan produk yang berkualitas baik adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Siapa yang membutuhkan CGL?

Semua perusahaan membutuhkan perlindungan CGL. , mulai dari Tanggung Jawab Hukum seseorang sebagai pemilik atau penghuni Rumah Tinggal, pemilik Toko, Restoran, Kantor, Hotel, pengelola Apartemen, Mal, sampai kepada kegiatan Industri atau Manufaktur, dan lain sebagainya.

Pemilik Gedung, bertanggung jawab terhadap aktifitas atau kegiatan yang berlangsung di area lingkungannya, baik kepada tetangga dan masyarakat sekitarnya, serta kepada tamu/pengunjung atau konsumen yang datang beraktifitas.

Kegiatan pabrik/industri manufaktur bertanggung jawab, namun tidak terbatas terhadap kegiatan industri yang mereka lakukan di lokasi, namun juga terhadap barang yang dihasilkan. Yang dapat menimbulkan kerugian kepada konsumen, seperti bahaya keracunan, cacat atau kematian.

Produsen atau pemasok bahan-bahan baku (raw material) juga tidak lepas dari tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang mungkin ditimbulkan dari kerusakan/cacat bahan atau material.

Produsen mainan anak-anak, salah satu industri yang sangat membutuhkan Products Liability Insurance, selain diharuskan oleh Undang-undang dan juga untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dihasilkan adalah tidak berbahaya, tidak beracun, tidak menimbulkan gangguan kesehatan sehingga aman untuk dipakai/dipergunakan oleh anak-anak.

  • Share on Tumblr
PT. Antara Intermediary Indonesia
Graha Antara
Jl. Pintu Air V No. 43, Pasar Baru
Jakarta Pusat 10710
Telp. +62 21 351 9286
Fax. +62 21 380 5007

Member Of

Afiliasi